• Google Assistance. -IST-

Google Assistance Dapat Bacakan Seluruh Isi Website

Google Assistance Dapat Bacakan Seluruh Isi Website

Mon, 01/13/2020 - 08:40
Posted in:
0 comments

Dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020, Google memamerkan kemampuan terbaru dari Google Assistant. Asisten virtual ini, akan dapat membacakan seluruh isi sebuah website untuk pengguna.

Kemampuan tersebut saat ini masih belum dirilis untuk para pengguna. Rencananya, fitur ini akan disebarkan secara merata setidaknya paling lambat sekitar akhir tahun 2020 ini.

Selain membacakan tulisan dalam sebuah website, Google Assistant juga akan dapat menerjemahkan tulisan tersebut ke dalam 42 bahasa.

Asisten virtual ini pun akan memiliki kemampuan scrolling secara otomatis sampai ke halaman terbawah website.

Dengan demikian, pengguna dapat mengikuti teks yang sedang dibacakan oleh Google Assistant tersebut.

Fitur ini tentu akan dapat memanjakan para pengguna, khususnya untuk penyandang tunanetra.

Sejauh ini, Google memang cukup banyak merilis fitur-fitur yang dapat membantu para difabel, seperti Live Transcribe dan Audio Amplifier untuk penyandang tunarungu.

Untuk menjalankan fitur baru tersebut, caranya pun cukup mudah. Nantinya, pengguna cukup memberikan perintah sederhana seperti "Hey Google, read it" atau “Hey Google, read this page”.

Selain fitur baru, Google juga memamerkan kemampuan berkomunikasi Google Assistant yang menjadi lebih "manusiawi".

Google Assistant nantinya tidak lagi berbicara layaknya sebuah robot, berkat perbaikan datasets suara yang dibenamkan pada asisten virtual ini.

Dirangkum dari CNBC, Jumat (10/1/2020), sayangnya Google masih belum mengungkap tanggal pasti kapan fitur baru ini akan dirilis.

Pihak Google juga mengatakan bahwa fitur ini akan muncul secara eksklusif untuk perangkat Android.

//CNBC.com/KOMPAS.com /01